Selasa, 09 Agustus 2016

Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk

Ini yaitu ketiga kalinya saya ke Pantai Indah Kapuk (PIK), satu daerah di utara Jakarta yang lagi rame-ramenya dibicarakan serta dikunjungin. Kesempatan ini maksud saya bukanlah untuk wisata kuliner. Ohya untuk kalian yang ingin wisata kuliner di PIK, saya ada sedikit rujukan. Silakan baca di sini. Maksud saya ke PIK kesempatan ini yaitu nyobain naik kano. Di mana tuh?



Taman Wisata Alam tempatnya! Di sini anda dapat nikmati rimba mangrove atau yang umum dimaksud rimba bakau. Buat yang lupa pelajaran SDnya, mangrove yaitu pohon yang umumnya didapati di daerah pantai yang berperan sebagai penyerap air serta penahan erosi. Ini pertama kalinya saya lihat segera mangrove itu seperti apa, umumnya hanya saksikan di buku pelajaran. Nyatanya di Taman Wisata Alam ini banyak pula korporat yang menyumbang mangrove. Anda dapat juga nyumbangin sedikit duit kamu bikin menanam mangrove disitu.

Terkecuali nikmati keindahan rimba mangrove, anda dapat juga nyobain naik kano atau perahu. Beda sama ditempat rekreasi umumnya, di sini anda naik perahu atau kanonya sendiri, tanpa ada didayung mas masnya. Jadi ya lumayan lah buat ngebentuk otot serta merasakan bagaimana capeknya jadi mas mas perahu. Cukup hanya ngeluarin uang Rp 50, 000 untuk sewa perahu atau kano, anda dapat naik perahu atau kano yang anda ingin sepanjang 40 menit.

Tidak hanya itu, jika anda anaknya alam banget serta tidak dapat banget ngeliat tanah kosong nganggur, yaudah kemah saja disitu. Lantaran disitu disewain juga tenda perkemahan. Anda dapat bawa sendiri tenda anda. Hanya disitu telah disediain juga tenda-tenda super cool yang terbuat dari kayu. Viewnya bagus juga lantaran segera menghadap ke rimba mangrove.

Taman Wisata Alam ini nyatanya luas banget. Jalan ke sanaan dikit dari tempat main kano atau perahu, ada jalan setapak super panjang yang terbuat dari batang kayu. Nah baiknya sih anda tidak gunakan flat shoes atau alas kaki bersol tidak tebal lantaran pengalaman saya sih sakit banget bila di pakai jalan di jalanan setapak ini. Dengan cara batang kayunya tidak demikian rapi pengaturannya. Di jalanan setapak yang ditutupi dengan pohon yang rimbun, ngingetin saya sama scene di film-film. Di sini juga pas banget bila ingin bebrapa photo.

Bila dikilas balik lagi, nyatanya ada sangat banyak jalan setapak yang super panjang itu. Satu diantara jalan yang saya ambillah nyatanya berbuntut dengan view yang tidak kalah keren sama view yang di depan. Hanya ya gitu, lantaran terpencil juga tempatnya, jadinya dijadiin sarang orang pacaran deh. Saya juga tidak dapat lama-lama disitu.

Agak jalan ke sana dikit, saya nemuin jalan setapak yang lain. Kesempatan ini jalannya tidak dari batang kayu, namun dari tanah umum. Masihlah ditutupi pohon-pohon rindang, namun sayangnya pohonnya tidak demikian banyak. Di tanah juga terdampar banyak sampah. Namun ya lumayan juga sih buat bebrapa photo.

Ya demikian lah kunjungan saya ke Taman Wisata Alam. Nyatanya oh nyatanya, tempat ini telah lumayan eksis di kelompok wedding photographer. Taman Wisata Alam ini telah kerap jadikan lokasi pemotretan pre-wedding. Maka dari itu cocok di pintu masuknya, ada warning gitu. Untuk yang ingin photo pre-wedding dipakai 1 juta Rupiah untuk sewa lokasi. Cocok di pintu masuk juga petugasnya nanyain saya, apakah saya bawa kamera atau tidak. Lantaran yang bawa kamera dengan maksud photo pre-wedding mesti bayar 1 juta itu.

Nah bagaimana seru tidak? Ini dapat dijadiin tempat alternatif anda serta pacar kamu bikin ngabisin weekend kalian dari pada ngemall atau nongkrong di kafe mulu. Selamat coba!

Alternatif jalan menuju Taman Wisata Alam :

a) Dari tol menuju bandara Soekarno-Hatta – keluar tol Kapuk Muara – lalu masuk ke Pantai Indah Kapuk – ikuti arah ke Waterboom – lalu ikuti arah ke Golf Mediteranian serta Garden House – Bunderan PIK – Pusat Agama Budha Tzu Chi – Hingga di TWA.

b) Dari Arah Pluit menuju Muara Karang lalu masuk Pantai Indah Kapuk hingga ketemu RS PIK- ikuti arah ke Waterboom – lalu ikuti arah ke Golf Mediteranian serta Garden House – Bunderan PIK – Pusat Agama Budha Tzu Chi – Hingga di TWA.

c) Dari Tol JORR Lingkar Barat keluar Kamal selalu ke Jalan kamal Raya, masuk kompleks Elang Laut, PIK – ikuti arah ke Waterboom – lalu ikuti arah ke Golf Mediteranian serta Garden House – Bunderan PIK – Pusat Agama Budha Tzu Chi – Hingga di TWA.

Taman Wisata Alam

Kapuk Muara, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara (belakang Pusat Agama Budha Tsu Chi)

Ticket masuk : Rp. 10, 000/orang

Mobil : Rp. 5, 000/mobil

Sewa kano atau perahu : Rp. 50, 000/40 menit

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.